Friday 2 March 2012

Cara Merubah LPT3 ke LPT1

Pada settingan default setiap komputer, Port LPT pasti akan menggunakan port LPT1, nah bagaimana bila kemudian port LPT1 itu rusak ? Oiya, port LPT1 itu adalah port LPT yang ada pada motherboard, jadi bila rusak kita bisa menggunakan PCI LPT yang dijual di toko-toko komputer. Caranya adalah sebagai berikut :

Pertama, kita masuk kemenu Device Manager dengan cara klik kanan di My Computer => Properties => Hardware => Device Manager. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini.



Kemudian Klik tanda tambah (+) dimenu Port (COM & LPT ) lalu klik kanan di Printer Port (LPT1) => Properties => Port Setting. Maka akan muncul menu dibawah ini.



Nah, karena kita asumsikan Port LPT1 pada komputer kita rusak, maka kita ganti LPT Port Number-nya dari LPT1 ke LPT yang tidak terpakai. Dalam contoh ini, saya akan merubahnya ke Port LPT2.



Nah sekarang Port LPT1 kita yang rusak, sudah kita ganti ke Port LPT2 yang tidak terpakai, kita tinggal merubah Port PCI LPT kita yang baru ke Port LPT1 dengan cara yang sama seperti diatas. Oiya, kenapa kita harus merubah Port LPT-nya ? karena program under DOS akan default ke Port LPT1, dan bila kita menambahkan PCI LPT, maka komputer akan mendetectnya sebagai LPT2 atau LPT3, maka dari itu kita harus ubah settingan defaultnya.

Semoga bermanfaat.

source : http://ekocahyono89.wordpress.com

No comments:

Post a Comment